Satelit

Berbicara tentang satelit, maka hakikatnya satelit itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu satelit alami dan satelit buatan.

Satelit Alami

Sebagaimana yang terdapat dalam system tata surya. Dalam system tata surya terdapat 8 planet dimana setiap planet memiliki lebih dari satu satelit atau bahkan tidak memiliki satelit sama sekali. Kita tinggal di planet yang bernama Bumi yang hanya mempunyai satu satelit alami yaitu Bulan.

Satelit Buatan

Satelit cuaca adalah salah satu jenis satelit buatan yang digunakan untuk mengawasi cuaca dan iklim di bumi. Selain itu, perangkat GPS (Global Positioning System) juga menggunakan satelit buatan yaitu dengan menerima sinyal yang ditransmisikan oleh satelit GPS. Satelit buatan lainnya yaitu ada juga satelit komunikasi High-Throughput untuk perusahaan teknologi seperti Google satelite, Amazon, Facebook, atau Apple. Satelit Horizons 2 juga merupakan satelit communication Ku Band geostasioner milik Horizons. Ada juga satellite layanan siaran TV satelit yaitu Satelit Garmedia TV Indonesia dimana sebelumnya Satelit Ninmedia sudah duluan mengudara. Advance in Satellite Technologies ini terus dikembangkan karena teknologi satelit kian dibutuhkan.

Apa itu HTS?

          HTS adalah singkatan dari High Throughput Satellites yang merupakan satelit buatan teknologi IT dengan peningkatan kapasitas yang signifikan dan berbeda dengan technology satelit broad-beam tradisional. Satelit HTS memiliki lebih banyak throughput, kinerja bit / Hz yang lebih besar, kecepatan data yang lebih tinggi yang dapat ditransmisikan oleh terminal VSAT ukuran yang sama.

Fungsi HTS

          High Throughput Satellite mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai akses broadband internet untuk daerah terluar, backoul mobile operator untuk daerah terpencil, media akses untuk jaringan privat atau virtual private network (vpn) untuk antar Lembaga pemerintah, dan sebagai media transmisi untuk layanan broadcast oleh penyelenggara layanan televisi. Tips untuk memilih provider layanan internet satelit diantaranya yaitu cek wilayah jangkauannya, teknologi yang digunakan, sepak terjang providernya, dan terakhir adalah pilihlah provider yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam setiap hari.

Penerapan HTS

          Salah satu satelit Indonesia yang menggunakan  HTS yaitu satelit nusantara satu yang dibuat oleh Space System Loral (SSL). Satelit Nusantara Satu adalah satelit broadband pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi High Throughput Satellites (HTS) dengan bandwidth capacity yang lebih besar untuk memberikan layanan akses broadband ke seluruh wilayah Indonesia. Satelit di Indonesia sampai saat ini yang tercatat di CNBC Indonesia yaitu berjumlah 25 satelit luar angkasa. Nama satelit Indonesia yang pertama diluncurkan adalah satelite palapa. Ada juga aplikasi yang digunakan untuk mencari posisi satelit parabola yaitu satfinder dan satellite director. Sedangkan nama satelit dunia yang pertama adalah satelit Sputnik 1 yang diluncurkan oleh Uni Soviet pada 04 Oktober 1957. Amerika pun tak ingin mau kalah dengan Uni Soviet sehingga pada tanggal 31 Januari 1958 juga meluncurkan satelit yang bernama Satelit Explorer 1. NASA adalah Lembaga pemerintahan milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa.

Training HTS (High Throughput Satellite)

          Selasa, 23 Juli 2019 yang lalu Edutech Solution/ PT Solusi Teknologi Terpadu telah mengadakan kegiatan training IT yaitu pelatihan HTS 2019 di Hotel Serela Riau, Bandung. Training day ini dilakukan selama tiga hari. Kegiatan ini bisa dikatakan training for trainer karena diikuti oleh pegawai BAKTI – Kemkominfo sebanyak 11 orang.

          Pada it training academy kali ini, Edutech Solution/PT Solusi Teknologi Terpadu berkolaborasi dengan Indonesia-ITU Concern Forum (IICF). Konten materi yang diberikan pun lengkap, baik teori principal maupun praktikum, sehingga peserta menguasai materi dengan baik dan implementatif. Sesi pertama berlangsung lancar dan peserta begitu antusias mendengarkan teori yang meliputi fundamental, arsitektur, dan pengembangan dari teknologi satelit yaitu High Throughput Satellite (HTS). Dalam acara training/ bisa juga HTS home training ini kami mengombinasikan teori 30% dan praktikum/simulasi/brainstorming 80%.

          Edutech Solution menyediakan pelatihan High Throughput Satellite (HTS) di seluruh wilayah Indonesia, diantaranya yaitu Training HTS Jakarta, Pelatihan HTS Yogyakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, Bali, South Kalimantan, West Kalimantan, East Java, West Java, Banten, Lampung, Central Java, Central Kalimantan, East Kalimantan, Riau, South Sumatra, West Sumatra, North Sumatra, North Sulawesi, South East Sulawesi, South Sulawesi, West Nusa Tenggara, East Nusa Tenggara, North Kalimantan, Bengkulu, Gorontalo, Papua, West Papua, West Sulawesi, Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Central Sulawesi, North Maluku, Maluku.

Materi Training HTS

          Pada courses HTS Training Centre ini akan belajar tentang materi pengenalan umum dan aplikasi-aplikasi sistem telekomunikasi satelit, sistem komunikasi satelit, pengembangan bisnis layanan satellite, High Throughput Satellite (HTS), Regulasi Sistem Telekomunikasi Satelit dan Spectrum Sharing, Mekanika Orbit Satelit, Link budget, Operasional dan Pemeliharaan, dan Perkembangan industri telekomunikasi broadband dan persaingan antar teknologi

Untuk mengikuti pelatihan/ training IT kami, silahkan menghubungi kontak dibawah ini

WA/Call) : 0822-1443-6962

Email : info@edutechsolution.co.id

Referensi:

  1. https://psn.co.id/nsatu/
  2. https://www.academia.edu/35398611/High_Throughput_Satellite_sebagai_Salah_Satu_Solusi_Pemerataan_Broadband_Internet_Akses_di_Indonesia
  3. https://ubiqu.id/blog/memilih-provider-internet-satelit/
  4. https://www.cnbcindonesia.com/news/20190224152921-4-57317/inilah-25-satelit-milik-indonesia-dari-waktu-ke-waktu
  5. https://informasi-beritaandre.blogspot.com/2019/03/trik-mencari-posisi-satelite-parabola.html
  6. https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/5_fakta_sejarah_satelit_pertama_di_dunia_yang_harus_anda_baca-724
  7. https://www.sagalaaya999.com/2018/05/garmedia-tv-satelit-indonesia-resmi.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *