JAKARTA — Pelatihan Kriptografi berbasis Lattice pada Post-Quantum Cryptography. Dilaksanakan pada tanggal 12 – 16 Agustus 2019 di Sekretariat Mastel (Masyarakat Telekomunikasi), jalan Tambak Raya No. 61, Pegangsaan, Jakarta.

Training Jakarta ini peserta akan belajar pengantar umum untuk theory lattice, algoritmanya, kompleksitas komputasi, matematika engineering, dan aplikasi untuk kriptografi. Apa itu kriptografi? Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan jaringan informasi. Kriptografi di Indonesia dikenal sebagai teknik penyandian. Fungsi cryptography adalah digunakan untuk menulis pesan rahasia. Pada perang dunia pertama, sekretaris urusan luar negeri Jerman Arthur Zimmerman mengirim telegram rahasia ke duta besar Jerman di Mexico. Pesan tersebut berisi ratusan grup lima angka.

Saat ini, background penyampaian informasi melalui internet semakin berkembang pesat. Karena itu kemanan menjadi faktor penting dalam proses pengiriman informasi melalui jaringan internet. Kriptografi dalam jaringan komputer (computer network) digunakan untuk aspek keamanan. Karena kriptografi dapat mengatasi aspek-aspek penting untuk menjaga informasi seperti masalah keamanan, kerahasiaan, keaslian dan integritas data. Dalam dunia IT,  kita juga mengenal istilah steganografi yang juga digunakan untuk pesan rahasia. Lalu pertanyaan nya, apa bedanya kriptografi dan steganografi?. Steganografi adalah menyembunyikan pesan/ data digital dalam berkas/ file computer sehingga tidak ada yang menyadari bahwa ada informasi yang disembunyikan.

Ada dua hal penting dalam cryptography, yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi (Encryption) adalah sebuah proses menjadikan pesan yang dapat dibaca (plaintext) menjadi pesan acak yang tidak dapat dibaca (ciphertect). Sedangkan dekripsi yaitu mengubah kembali pesan yang telah di enkripsi menjadi informasi awal.

Cryptography Techniques

Teknik dasar kriptografi ada 5 jenis yaitu substitusi, blocking, transposisi, ekspansi, dan pemampatan.

Jenis-Jenis Kriptografi

Jenis-jenis kriptografi ada 3, yaitu

Kriptografi berdasarkan perkembangan

Algoritma kriptografi klasik

Teknik yang digunakan adalah subsitusi atau transposisi atau keduanya. Metode nya ada dua yaitu Caesar cipher dan cipher transposisi.

Algoritma kriptografi modern

Kriptografi modern dibagi tiga yaitu algoritma hash, simetrik dan asimetrik.

Kriptografi simetris

adalah algoritma kriptografi yang enkripsi dan dekripsi nya menggunakan kunci yang sama. Contoh metode kriptografi adalah cipher permutasi, cipher substitusi, cipher hill, OTP, RC6, Twofish. Selain itu, ada juga Magenta, FEAL, SAFER, LOKI, CAST, Rijndeal, Blowfish, GOST, Kasumi, DES, dan IDEA. National Institute of Standards and Technology (NIST) mengadakan kompetisi untuk standar kriptografi yang terbaru. Kompetisi ini dimenangkan oleh Rijndeal (kriptografi EAS) yang diumumkan pada tahun 2001.

Kriptografi asimetris

adalah algoritma kriptografi yang kunci enkripsi yang digunakan tidak sama dengan kunci dekripsi. Contoh metode kriptografinya adalah kriptografi RSA, ElGamal, McEliece, LUC dan DSA (Data Encryption Standard).

Hash

Hash berfungsi untuk mengubah sebuah pesan yang dapat dibaca menjadi pesan acak. Hampir sama saperti enkripsi namun pesan yang telah diubah oleh hash tidak dapat diubah kembali menjadi pesan yang semula.

Kriptografi klasik dan modern pada dasarnya sama, hanya saja kriptografi modern lebih rumit dari pada kriptografi klasik.

Kriptografi berdasarkan kunci

Berdasarkan kunci dibagi menjadi dua jenis/ types yaitu cryptography algorithms simetris, dan asimetris yang telah dijelaskan sebelumnya

Kriptografi hybrid

Kriptografi hibrid adalah gabungan antara chipper symmetric dan asymmetric.

Bitcoin juga meggunakan kriptografi. Kriptografi pada bitcoin digunakan untuk mencegah seseorang membelanjakan dana dari wallet pengguna lain/ merusak rantai-blok. Ternyata dalam dunia perfilman pun, ada juga film kriptografi. Contohnya seperti film dengan judul The Da Vinci Code dan A beautiful Mind. Ada juga aplikasi/ software khusus untuk pembelajaran kriptografi, yaitu CrypTool yang dilengkapi dengan fitur kriptografi generator. Selain itu, Bahasa pemrograman java juga menyediakan framework untuk membuat aplikasi kriptografi. Selain java, bahasa pemrograman python juga kerap kali digunakan untuk membuat aplikasi kriptografi.

Contoh latihan kriptografi

Plaintext : aku       Key : 2       maka Ciphertext yang dihasilkan adalah : blv

Post Quantum World

Post quantum world adalah dunia energi yang tidak terlihat tetapi ada dan terasa dan sangat berperan dalam kehidupan kita. Blockchain diciptakan agar data digital didalamnya sangat aman. Tetapi, kehadiran teknologi computer kuantum menjadi ancaman sangat serius terhadap teknologi blockchain. Selain itu, keberadaan komputer kuantum juga merupakan ancaman  bagi modern cryptography sehingga muncul kriptografi kuantum (quantum cryptography) untuk mengimbangi nya. Bahkan sejumlah ilmuan mengembangkan satu algoritma post-quantum yang memungkinkan ditanamkan ke dalam blockchain. Post quantum technology/ kriptografi kuantum berpotensi besar menjadi technology penting dalam melindungi infrastruktur komunikasi. Selain itu, juga berpotensi menjadikan perusahaan lebih maju dalam melindungi informasi.

Lattice

Lattice adalah objek matematik yang dapat digunakan secara efisien untuk menyelesaikan banyak masalah penting dalam ilmu komputer. Terutama di bidang kriptografi dan optimisasi kombinatorial.

Edutech Solution/ PT Solusi Teknologi Terpadu kali ini dipercaya menyelenggarakan training employee untuk Sekolah Tinggi Sandi Negara. Sesi pertama berlangsung lancar dan peserta begitu antusias mendengarkan setiap materi lattice degeneration. Materi pada training ini ada 10 modul, dengan penentuan teori 30% dan praktikum/simulasi/brainstorming 80%. Setelah mengikuti training, diharapkan  peserta dapat memahami berbagai elemen dasar kriptografi, prinsip-prinsip algoritma lattice. Dan di harapkan peserta juga mampu mengimplementasikan sesuai kebutuhan security computer.

Course Kriptografi berbasis Lattice pada Post-Quantum Cryptography tersedia untuk seluruh wilayah Indonesia.

Untuk mengikuti pelatihan kami, silahkan menghubungi kontak dibawah ini

WA/Call) : 0822-1443-6962

Email : info@edutechsolution.co.id

Referensi :

  1. http://ondigitalforensics.weebly.com/cryptography/pengertian-dan-contoh-kriptografi-dengan-proses-enkripsi-dan-dekripsi
  2. https://www.slideshare.net/RoziqBahtiar/kriptografi
  3. https://bitcoin.org/id/kosa-kata#kriptografi
  4. https://www.i-3.co.id/2018/06/06/bingung-membedakan-kriptografi-dan-steganografi-begini-penjelasannya/
  5. http://giapalangi.blogspot.com/2013/06/kriptografi.html
  6. https://medium.com/@irwansyahbudiman434/yuk-belajar-kriptografi-atau-enkripsi-lebih-mudah-dengan-software-cryptool-bf2cb6f7efe9
  7. https://eldersc0de-family.blogspot.com/2017/11/pengertian-hash-dalam-kriptografi.html
  8. https://www.scribd.com/presentation/333406858/JENIS-JENIS-KRIPTOGRAFI
  9. https://media.neliti.com/media/publications/236214-penerapan-sistem-keamanan-menggunakan-cr-699c04f7.pdf
  10. https://blockchainmedia.id/komputer-kuantum-ancam-keamanan-blockchain/
  11. https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=4674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *