Sejak ditemukannya teknologi semikonduktor sampai dengan saat ini, komunikasi antar komponen chip di dalam sebuah komputer ataupun smartphone dilakukan melalui jalur jalur tembaga pada papan PCB ataupun kabel elektrikal. Transmisi data melalui kabel tembaga ini memang saat ini masih terbilang mencukupi, namun dengan semakin besarnya tuntutan akan kecepatan proses, maka harus dipikirkan metode lain agar chip chip dalam sebuah perangkat dapat berkomunikasi dengan kecepatan yang sangat tinggi. Tiga universitas terkemuka di Amerika Serikat, University of California – Berkeley, MIT, dan University of Colorado – Boulder, menyatakan bahwa hasil penelitian terbaru mereka, berupa chip yang berkomunikasi dengan cahaya, akan siap dalam bentuk prototype pada awal 2017 nanti. Jalur tembaga yang digunakan pada berbagai macam perangkat saat ini memiliki dua kelemahan mendasar yaitu berhubungan dengan kapasitas transmisi dan jarak transmisi. Semakin besar kapasitas data yang ditransmisikan maka akan semakin pendek pulalah jarak yang mampu ditempuh melalui jalur ataupun kabel tembaga.

Contoh nyata dalam hal ini adalah pada kabel USB, dimana panjang maksimum kabel USB berkurang karena kapasitas transfer yang semakin tinggi. Konektifitas data melalui fiber optik mengatasi masalah ini, karena jalur fiber dapat mengirimkan data dengan jumlah yang sangat besar namun dengan jangkauan yang tetap jauh. Satu satunya penghalang saat ini adalah pada komponen biaya produksi. Saat ini biaya produksi perangkat komunikasi berbasis fiber optik masih lebih mahal, namun para periset berharap bahwa sejalan dengan semakin banyaknya teknologi baru ini diadopsi (mulai dari Data Center) maka biaya produksinya akan semakin terjangkau.

Silicon Photonics Chip – sumber: Milos Popović/University of Colorado Boulde

Silicon Photonics, demikian teknologi ini dinamakan, memang tidak menjadikan chip bekerja lebih cepat, namun dengan sistem komunikasi antar chip yang bekerja lebih cepat, maka kinerja keseluruhan PC ataupun sebuah smartphone akan semakin efisien dan lebih cepat, karena chip chip tersebut tidak lagi saling menunggu proses transfer data. Selain itu, teknologi transfer data melalui medium fiber optic ini jumlah energi yang lebih kecil, sehingga selain cepat, teknologi ini juga hemat daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *