Audit TI Framework Berbasis COBIT 5 : Pengembangan & Operasi Sistem serta Arsitektur Teknis TI

Deskripsi

Assurance merupakan accountability relationship antara dua pihak ataupun lebih yaitu pihak accountable terkait subject matter (auditee), assurance professional (auditor) dan user (stakeholder), misalnya dalam bentuk internal auditing, external auditing ataupun co‐sourcing yang notabene merupakan rangkaian aktivitas yang akan menghasilkan report mengenai level assurance subject matter dan rekomendasi improvement.

Contoh assurance engagement: audit financial statement, assessment IT value, review kontrol, compliance terhadap standar, practice, agreement maupun regulasi, dsb.

COBIT 5 for Assurance merupakan referensi terbaru dari ISACA yang dirilis tahun 2013 ini yang selaras dengan referensi lainnya seperti ITAF (ISACA), IPPF (IIA), SSAE (AICPA), merupakan guidance untuk melakukan assurance terhadap enabler governance dan management of enterprise IT.

Inti dari assurance adalah kepastian dan jaminan dari sesuatu hal yang bisa meragukan atau merugikan terutama manfaat dan risiko dari TI dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Sejak kemunculannya, Teknologi Informasi (Information Technology / IT) merupakan alat bantu utama bagi industri finansial untuk meningkatkan kinerja operasional. Penerapan IT yang baik dapat membantu perbankan dalam menghadapi kondisi ini. Lebih lanjutnya, IT saat ini menjadi enabler berbagai layanan berbasis IT, seperti Layanan ATM, EDC, atau e-Channel.

IT yang baik perlu dikelola dengan baik pula. Jika tidak dikelola dengan baik, maka IT dapat menjadi bumerang, karena operasional bisnis perbankan dapat terganggu jika IT mengalami kegagalan. Untuk itu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berencana meningkatkan persyaratan assurance IT bagi perbankan, yang mencakup:

  • Tata kelola IT (IT Governance) yang baik
  • Peningkatan perencanaan IT dengan Rencana Strategis IT / IT Masterplan dan keselarasannya dengan pengembangan dan operasional system dan arsitektur teknis TI.
  • IT Risk Management & Business Continuity Plan / Disaster Recovery Plan
  • IT Audit dan continuous improvement.

Oleh karena itulah perlu dilakukan Audit TI Berbasis COBIT 5: Pengembangan & Operasi Sistem serta Arsitektur Teknis TI di industri keuangan/perbankan.

Tujuan

Setelah mengikuti ini diharapkan peserta mampu :

  • Mampu menjelaskan prinsip dan filosofi IT audit dan assurance
  • Mampu menjelaskan metodologi audit TI berbasis COBIT 5 framework
  • Mampu melakukan scoping dan menyusun program audit sesuai kebutuhan organisasi
  • Mampu menggunakan COBIT 5 untuk mengevaluasi kecukupan kontrol TI.
  • Mampu menyusun laporan hasil audit TARGET PESERTA Internal Auditor, External Auditor, IT Auditor/ Assessor, IT Quality Assurance, IT Professional.
  • Menjadi Champion dan Change Agent Audit TI framework berbasis COBIT5.

Target Peserta

Direktur IT, Kepala Divisi TI, Kepala Divisi Audit TI, Internal Auditor, External Auditor, IT Auditor/ Assessor, IT Quality Assurance, IT Professional, Manajer dan staf IT dan manajer atau staf bagian lain yang akan dilibatkan dalam kegiatan audit IT dari aspek bisnis dan operasional di institusi keuangan.

Syarat

Tidak ada persyaratan khusus untuk peserta. Namun, disarankan agar peserta memiliki latar belakang pendidikan di IS / IT Management atau memiliki pengalaman audit yang memadai.

  • Prinsip dan Filosofi IT Audit & Assurance
  • Metodologi Audit TI Berbasis COBIT 5 Framework & Seven Enabler
  • Scoping & Penyusunan Program Audit : Audit Arsitektur Teknis TI
  • Audit Pengembangan Sistem TI
  • Audit Operasi Sistem TI
  • Studi kasus pembuatan program audit IT berbasis COBIT

Waktu Pelaksanaan 3 Hari

Complimentary Download

Terima kasih atas ketertarikan Anda pada Edutech Training and Konsultan. Untuk mendownload brosur ini, lengkapi formulir pendaftaran di sebelah kanan.

Jika Anda mengalami masalah dalam menyelesaikan formulir, kirimkan ke email ke : info@edutechsolution.co.id dan kami dapat mengirimkan file brosurnya