Latar Belakang Good Corporate Governance

Good Corporate governance muncul dilatar belakangi oleh maraknya skandal perusahaan yang menimpa perusahaan-perusahaan besar selain itu juga karena adanya tuntutan public terhadap lingkungan perusahaan yang jujur, bersih, dan bertanggung jawab. Pada tahun 1997 terjadi krisis finansial yang terjadi akibat lemahnya praktik Corporate governance sehingga masalah ini pun menjadi perhatian public. penerapan mekanisme good corporate governance pada perusahaan tersebut sesuai dengan surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-117/MMBU/2002 tentang Praktik Penerapan Good Corporate Governance pada BUMN, yang mana seluruh BUMN diwajibkan untuk menerapkan Good Corporate Governance secara konsisten dan menjadikan nya sebagai landasan dalam menjalankan operasional perusahaannya.

Pengertian Good Corporate Governance

Good Corporate governance adalah tata kelola perusahaan yang baik. Good Corporate governance (GCG) merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk tumbuh dan menguntungkan dalam jangka Panjang dan memenangkan persaingan bisnis global.

Prinsip Good Corporate Governance

Dalam prinsip penerapan Good Corporate governance tidak terlepas dari budaya organsasi yang berlaku di dalam organisasi itu sendiri. Namun, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) menetapkan 5 dasar pilar penerapan GCG, yaitu TARIF ( Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, and Fairness)

  1. Transparency adalah keterbukaan dalam pelaksanaan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam pengungkapan informasi.
  2. Accountability adalah kejelasan fungsi, struktur, sistem, dan pertanggungjawaban struktur perusahaan sehingga pengelolaan dapat berjalan efisien dan efektif.
  3. Responsibility adalah kesesuaian dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip korporasi yang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.
  4. Independency adalah pengelolaan perusahaan secara professional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/ tekanan dari pihak managemen/ lain nya.
  5. Fairness adalah perlakuan yang adil dan setara di dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan perjanjian serta peraturan perundangan yang berlaku.

Pedoman Good Corporate Governance

Pedoman Good Corporate governance adalah panduan bagi perusahaan dalam membangun, melaksanakan, dan mengkomunikasikan praktek GCG kepada pemangku kepentingan.

Implementasi Good Corporate Governance

Implementasi Good Corporate governance terdiri dari 3 tahapan yaitu:

  1. Sosialisasi adalah memperkenalkan pedoman penerapan GCG.
  2. Implementasi adalah pelaksanaan kegiatan yang sejalan pedoman GCG sesuai roadmap yang telah disusun.
  3. Internalisasi adalah upaya-upaya tahap jangka Panjang dalam implementasi sehingga tercermin dalam seluruh aktivitas perusahaan.

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, bahwasanya munculnya GCG ini berawal dari terjadinya krisis finansial. Oleh karena itu, edutech solution menyediakan Training Corporate Finance.

Ingin mengikuti training kami? silahkan menghubungi kontak dibawah ini

WA/Call) : 0822-1443-6962

Email : info@edutechsolution.co.id

referensi :

  1. http://eprints.umm.ac.id/24201/2/jiptummpp-gdl-triyuliana-38220-2-bab1.pdf
  2. https://kumparan.com/teddy-kozuma/good-corporate-governance
  3. http://www.ecgi.org/codes/documents/indonesia_cg_2006_id.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *