big data edutech solution

Apa yang dimaksud dengan big data?

Big data adalah data yang terstruktur maupun tidak terstruktur yang memiliki volume data dengan ukuran yang besar. Big data telah banyak digunakan dalam dunia bisnis. Karena big data dapat dianalisis sehingga memberikan pengetahuan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan gerakan bisnis strategis yang lebih baik.

Apa yang dimaksud dengan analisis big data?

Analisis big data (big data analytics) adalah proses untuk menemukan pola, korelasi, tren pasar, preferensi pelanggan dan informasi bisnis lainnya.

Bagaimana sejarah big data?

Big data muncul pada tahun 2000-an diperkenalkan oleh Doug Laney, seorang analis industry. Big data bisa dibilang masih baru dan sering disebut dengan tindakan pengumpulan dan penyimpanan informasi yang besar, cepat/ kompleks untuk analisis sehingga tidak bisa diproses menggunakan metode tradisional. Teknologi big data ini terus dikembangkan karena teknologi big data hadir untuk memecahkan suatu masalah atau mempermudah penyelesaian suatu masalah.

Apa saja konsep dari teknologi big data itu?

Doug Laney, seorang analis industry menyampaikan bahwa konsep big data terdiri dari tiga bagian penting yang dikenal dengan 3v, yaitu:

Volume (Jumlah)

Salah satu permasalahan yang ingin teknologi big data selesaikan adalah terkait besarnya volume data yang ingin disimpan atau proses. Saat ini, dengan hadirnya platform berbasis bigdata seperti Hadoop dan danau data maka permasalahan ini sudah bisa diatasi.

Velocity (Kecepatan)

Permasalahan yang ingin diatasi oleh teknology big data lain nya adalah terkait kecepatan data. hal ini berkaitan erat dengan jumlah data, karena kecepatan data berbanding lurus dengan volume data. Pertumbuhan IoT (Internet if Things) mengakibatkan data mengalir begitu cepat bahkan ada yang harus ditangani secara real time. Dengan hadirnya big data, misalnya dengan Tag RFID, smart meter, dan sensor dapat menangani torrent data ini.

Variety (Variasi)

Dan yang ketiga yaitu permasalahan variety, karena permasalahan variety ini akan sangat sulit dipecahkan oleh data platform tradisional. Variety adalah data yang memiliki berbagai jenis format yang berbeda, terstruktur, tidak terstruktur, numerik, dokumen teks, email, video, audio, dll. Platform big data seperti hadoop merupakan platform yang open-source, software ini akan sangat membantu dengan “store first, define structure later”

Selain tiga poin diatas, para peneliti big data juga menambahkan dua bagian penting dari konsep big data, yaitu:

Value (Nilai)

Aliran data yang tidak konsisten dalam kondisi tertentu sehingga tidak dapat diprediksi.

Veracity (kejujuran)

Veracity adalah mengacu pada kualitas data. karena data yang didapatkan dari berbagai sumber maka perlu untuk menghubungkan dan mengorelasikan data.

Apa hubungan big data dengan data science?

Big data adalah sebagai penghubung aktivitas data science, terutama untuk data-data yang sulit atau belum pernah digali nilainya. Sebelumnya, data scientist menghabiskan waktu 50-80% untuk menganalisa dan mempersiapkan data yang ada agar bisa digunakan. Namun dengan kehadiran teknologi big data, yaitu Apache Hadoop, maka data yang besar dapat ditangani. Selain itu, Apache Spark juga diperkenalkan pada tahun 2014 untuk mengatasi data yang besar. Namun, tidak cukup sampai disini, volume data akan terus meningkat tiap tahunnya sehingga hal ini akan terus menjadi tantangan dalam big data. Beberapa tantangan untuk mengembangkan big data sebagai tren besar di Indonesia, salah satunya adalah ketersediaan sumber daya.

Selain dipadukan dengan data science, akhir-akhir ini big data juga dipadukan dengan blockchain. Dengan memadukan dua teknologi ini maka source untuk pengadaan enterprise data center bisa dikurangi dan celah keamanan data pun bisa diminamilisir

Bagaimana potensi big data?          

Pada era teknologi seperti saat ini, kehadiran data tidak terbendung lagi. Sehingga dengan banyaknya data ini maka big data memiliki potensi untuk mengumpulkan wawasan kunci dan informasi bisnis. Big data untuk bisnis bisa digunakan dalam berbagai aktivitas bisnis, mulai dari customer experience sampai analytics. Bahkan, big data juga berperan sebagai salah satu pondasi penting bagi industry teknologi dunia, tak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, tak heran jika dikatakan bahwa bigdata adalah salah satu teknologi yang sangat penting bagi bisnis.

5 alasan penting nya big data untuk bisnis

Data adalah asset penting bagi bisnis

Karena itu data yang ada harus dikelola dengan strategi yang tepat.

Mengumpulkan data pelanggan dan pasar yang lebih baik

Dengan bantuan analisis big data maka perusahaan akan mendapatkan pengetahuan tentang kebutuhan pelanggan dan keinginan yang akan dibeli di masa depan

Peningkatan operasional dan efisiensi internal

Dengan bantuan bigdata maka perusahaan dapat melakukan pelacakan kinerja karyawan, optimalisasi layanan, bahkan untuk perekrutan kandidat yang sesuai

  • Transaksi keuangan yang efektif
  • Memahami proses bisnis

Apa manfaat big data?

  1. Memberikan gambaran data yang lebih lengkap
  2. Dapat digunakan untuk merancang strategi pemasaran
  3. Bisa dimanfaatkan di berbagai bidang
  4. Pemanfaatan big data dalam perusahaan ritel adalah untuk menganalisa bagaimana perilaku pelanggan
  5. Pemanfaatan big data dalam perusahaan manufaktur adalah untuk memantau kondisi peralatan dengan real time atau juga bisa memantau produk yang baru launching
  6. Pemanfaatan big data dalam perusahaan periklanan adalah untuk mengetahui tanggapan terhadap promosi/iklan yang baru diluncurkan
  7. Pemanfaatan big data dalam rumah sakit adalah untuk menganalisa kecenderungan sakit pasien
  8. Pemanfaatan big data dalam pemerintahan adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat
  9. Pemanfaatan big data dalam jasa keuangan adalah untuk melihat aplikasi asuransi yang dapat segera di proses, dan yang perlu di validasi.
  10. Pemanfaatan big data dalam perbankan adalah untuk mengetahui kemungkinan adanya kejahatan dan mendeteksi kemungkinan fraud
  11. Pemanfaatan big data dalam tim olah raga adalah untuk tracking penjualan tiket, mengetahui kondisi pemain dan probabilitas akan mengalami cedera dan bahkan strategi bermain dari tim.

Mengapa big data itu penting?

Hal yang terpenting dari big data adalah bukan sekedar jumlah data yang banyak, namun bagaimana cara mengolah data internal dan eksternal itulah yang terpenting. Big data dengan analitik prediktif adalah kunci untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan bisnis. Selain itu, Analisis big data membantu organisasi atau perusahaan untuk dapat memanfaatkan data mereka untuk mengidentifikasi peluang-peluang baru. Hal ini berdampak pada pergerakan bisnis yang lebih cerdas, operasional yang lebih efisien, keuntungan yang lebih tinggi dan pelanggan yang lebih meningkat. Big data dapat dianalisis dengan perangkat lunak seperti analisis prediktif, data mining, analisis teks dan analisis statistik.

Bagaimana dampak big data?

Dampak big data terbagi menjadi dua sisi, yaitu positif dan negatif. Dampak positif bigdata yang paling nyata adalah pada dunia bisnis dan pemerintahan yaitu untuk mendapatkan prediksi yang akurat mengenai banyak hal. Namun sisi negative big data adalah big data bisa menjadi sesuatu yang berbahaya, tidak hanya berkenaan dengan privasi, tetapi juga deskriminasi dan penyalahgunaan lainnya. Salah satu tantangan big data adalah kemungkinan big data disalahgunakan untuk diskriminasi.

Bagaimana cara kerja big data?

  1. Tetapkan strategi big data
  2. Identifikasi sumber big data
  3. Akses, kelola, dan simpan data
  4. Analisis data
  5. Buat keputusan berdasarkan data

Di era Teknologi saat ini, big data engineer job/ big data engineer skills sangat banyak dibutuhkan. Karena itu, Edutech Solution menyediakan training big data di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk mengikuti pelatihan/ training IT kami, silahkan menghubungi kontak dibawah ini

WA/Call) : 0822-1443-6962

Email : info@edutechsolution.co.id

Referensi:

  1. https://www.codepolitan.com/mengenal-big-data
  2. https://www.sas.com/id_id/insights/big-data/what-is-big-data.html
  3. https://datascience.or.id/article/Konsep-Big-Data-5a8fa6e6
  4. https://www.soltius.co.id/blog/apa-itu-big-data-indonesia
  5. https://icca.co.id/analisis-big-data/
  6. http://noviardisyamsuir.blogspot.com/2016/03/contoh-big-data-di-berbagai-bidang.html
  7. https://www.phincon.com/2017/10/03/5-alasan-pentingnya-big-data-untuk-bisnis/
  8. https://modengkara.net/manfaat-big-data-dan-permasalahannya/
  9. https://dailysocial.id/post/sisi-gelap-gelap-big-data-dan-analisis-prediktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *