VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima VSAT (very small aperture terminal) memiliki bentuk seperti piringan dengan ukuran yang beragam.

Apa itu very small aperture terminal?

Very Small Aperture Terminal adalah kepanjangan dari VSAT. Pengertian VSAT (very small aperture terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima memiliki bentuk seperti piringan dengan ukuran yang beragam.

Apa Fungsi dari VSAT?

Fungsi VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit sehingga VSAT merupakan solusi yang bagus untuk kebutuhan komunikasi data. Speeds throughput data VSAT telah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun dan sekarang dapat menyediakan layanan multimegabit di downstream dan upstream.

Apa Kelebihan dari VSAT?

Kelebihan dari VSAT adalah memiliki konektivitas yang lebih hemat biaya, cara pemasangan yang cepat, handal dan aman di seluruh wilayah cakupan satelit, dengan berbagai jenis layanan dan bandwidth yang disediakan. Dengan bandwidth yang lebar, maka kemampuan VSAT dalam transfer data, suara dan video sangat bagus.

Apa Kekurangan dari VSAT?

Kekurangan VSAT adalah connection nya rentan terhadap molekul air, membutuhkan banyak tempat untuk piringannya, dan latency nya lebih tinggi dibandingkan kabel.

Apa saja Komponen dari VSAT?

Komponen VSAT terbagi menjadi Hub Stasion dan Remote Stasion. Hub Stasion adalah perangkat yang mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi, terdapat server Network Management System (NMS) yang memberikan akses pada jaringan untuk memonitor dan mengontrol jaringan komunikasi. Sedangkan Remote Station terdiri dari ODU (yang dipasang di luar) dan IDU (yang dipasang di dalam ruangan).  Berikut penjelasan singkatnya

  1. Komponen IDU (Indoor Unit) dari VSAT adalah modem (modulator-demodulator).
  2. Komponen ODU (Outdoor Unit) dari VSAT adalah terdiri dari dua bagian yaitu
  3. Dish antenna
  4. Radio Frequency Transmitter (RFT), Perangkat nya nya yaitu ada 5
  5. Low Noise Amplifier (LNA)
  6. Solid State Power Amplifier (SSPA)
  7. Up/ Down Converter
  8. LNB (Low Noise Block)
  9. BUC (Block Up Converter)

Perangkat ini adalah perangkat yang dipasang pada frame antenna dan dihubungkan secara internal ke Feedhorn

Apa saja pembagian dari VSAT?

Pembagian VSAT ada tiga, yaitu berdasarkan band spektrum, layanan dan hardware.

VSAT berdasarkan band spektrum

Ada dua yang merupakan VSAT berdasarkan band spektrum yaitu VSAT C-Band dan VSAT Ku-Band. Keunggulan VSAT C-Band adalah tahan terhadap perubahan cuaca dan memiliki Service Level Agreement (SLA) yang tinggi. Sedangkan VSAT Ku-Band memiliki koneksi (connection) broadband dengan perangkat antenna yang lebih kecil dan harganya lebih terjangkau dan biasanya digunakan untuk kebutuhan internet rumah, kantor desa, dll. Salah satu yang menggunakan frekuensi Ku-Band yaitu platform Backpack VSAT yang merupakan layanan VSAT bersifat portable, quick-deploy dan simple operation.

VSAT berdasarkan layanan

VSAT berdasarkan layanan ada dua yaitu VSAT VPN (Virtual Private Network) dan VSAT Internet. Kebanyakan VSAT VPN digunakan oleh perbankan seperti ATM karena mampu memberikan keamanan yang tinggi. Sedangkan VSAT Internet biasanya digunakan di lokasi yang tidak terjangkau jaringan kabel, fiber, maupun seluler untuk tetap mendapatkan layanan/ koneksi internet. Misalnya seperti Telkom yang meluncurkan produk MangoSTAR yang merupakan layanan internet dengan Teknologi VSAT untuk menjangkau pelanggan yang berada di pelosok atau daerah yang tidak terjangkau fiber optik. Selain itu, PT Iforte Solusi Infotek (Iforte) juga bekerjasama dengan Badan Aksesabilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk meningkatkan akses layanan telekomunikasi dengan kapasitas satelit sing maupun nasional yang memiliki spesifikasi high throughput satelit (HTS) di wilayah terpencil

VSAT berdasarkan hardware

VSAT berdasarkan hardware/ perangkat terdiri dari dua yaitu MVSAT (Mobile VSAT) dan Tracking VSAT (Auto Track). Mobile VSAT adalah inovasi dari VSAT saat ini dengan menggunakan system antenna dengan fitur auto-pointing yang dipasang diatas kendaraan bergerak. Sedangkan Tracking VSAT adalah digunakan untuk menjaga kondisi jaringan internet dengan menembakkan sinyal sesuai dengan lokasi satelit berada. Salah satu VSAT provider Indonesia yaitu PRIMADONA Net support Internet Satelit VSAT Indonesia menyebutkan bahwa contoh dari Tracking VSAT adalah Gyro VSAT. VSAT Gyro adalah teknologi yang menerapkan Automatic Tracking System (ATS) yang digunakan pada moda transportasi bergerak termasuk kapal laut. Fungsi dari Gyro VSAT  adalah untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti tracking posisi kapal, akses data internet, teleconference, CCTV, bahkan Video Conference tergantung perangkat dan bandwidth yang tersedia.

Implementasi Teknologi VSAT

Teknologi VSAT telah banyak digunakan di berbagai lini baik lingkup kecil maupun lingkup besar. Prajurit TNI (army) AL pun dikabarkan telah berlatih pengoperasian VSAT. Prospek bisnis VSAT di Indonesia memang terus bertumbuh, sebagaimana yang telah dilansir dari data App Annie, hal ini dikarenakan konsumsi internet yang semakin meningkat. Selain itu juga karena Indonesia adalah Negara yang memiliki kondisi geografis yang luas dan terdiri dari pulau-pulau. Penjualan VSAT IP mendominasi karena harga nya yang murah dibandingkan SCPC.  VSAT IP ada yang dinamakan dengan IP Gateway dengan menggunakan topologi star yang berfungsi meneruskan informasi ke level berikutnya sesuai alamat IP Network tujuan. Ada juga perusahaat VSAT di Indonesia yang menyediakan paket VSAT berbasis kuota yang jauh lebih murah seperti contohnya mangoesky.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang VSAT, Edutech Solution menyediakan training VSAT installation & maintenance dengan syllabus tentang teknologi fundamental satelit dan keterampilan menginstall, memaintain dan mengoptimasi VSAT.

Untuk info pelatihan/ training lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak dibawah ini

WA/Call) : 0819-0666-7944

Email : info@edutechsolution.co.id

Website : www.edutechsolution.co.id

Referensi :

  1. http://www.dtp.net.id/post_glossary/vsat-very-small-aperture-terminal/
  2. https://www.gartner.com/en/information-technology/glossary/vsat-very-small-aperture-terminal
  3. https://dailysocial.id/post/telkom-luncurkan-mangostar-layanan-internet-dengan-teknologi-vsat
  4. https://www.inet.net.id/index.php/component/content/article/19-joomla/140-vsat-technology-apakah-vsat-itu
  5. https://www.inet.net.id/index.php/news-event/news/140-vsat-technology-apakah-vsat-itu
  6. https://rfahlefi.wordpress.com/2013/04/27/pengertian-vsat/
  7. https://www.lintasarta.net/products-services/lintasarta-data-communication/vsat/ip-vsat/
  8. https://teknologi.bisnis.com/read/20190919/101/1150300/prospek-bisnis-vsat-di-indonesia-masih-cerah-ini-sebabnya
  9. https://vsatindonesia.net/internet-satelit-vsat-gyro-vsat-industri-maritim/
  10. https://jatim.tribunnews.com/2017/08/29/prajurit-tni-al-berlatih-pengoperasian-mmc-dan-vsat-acara-langsung-dibuka-oleh-kadiskomlekarmatim
  11. https://adalah.co.id/vsat/
  12. https://www.metrasat.co.id/
  13. https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc22ce94786841238b4567/mengenal-jaringan-vsat-ip/
  14. https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=TOWR_Jangkau_Layanan_Sampai_Pelosok_Lewat_Iforte&news_id=349590&group_news=RESEARCHNEWS&news_date=&taging_subtype=TELCO&name=&search=y_general&q=operator%20telekomunikasi&halaman=1
  15. https://mangoesky.com/news/detail/MangoeSky-Solusi-Tepat-Internet-Satelit-dengan-Harga-Terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *