Apa itu Service Level Agreement? Definition Service Level Agreement adalah kontrak antara provider dengan pelanggan/ pengguna seputar komitmen pelayanan sesuai yang telah disepakati. Perusahaan SLA? Beberapa companies telah menerapkan SLA contohnya di cloud computing ada Amazon Web Service (AWS) dan Microsoft Azure. Ada juga public cloud yang gratis seperti GoogleMail. Di airport, pegawai bea cukai juga menyelenggarakan Lokakarya SLA untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa.

Apa itu Service Level Agreement?

Definition Service Level Agreement adalah kontrak antara provider dengan pelanggan/ pengguna seputar komitmen pelayanan sesuai yang telah disepakati.

Perusahaan SLA?

Beberapa companies telah menerapkan SLA contohnya di cloud computing ada Amazon Web Service (AWS) dan Microsoft Azure. Ada juga public cloud yang gratis seperti GoogleMail. Di airport, pegawai bea cukai juga menyelenggarakan Lokakarya SLA untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa.

IP SLA

IP SLA adalah salah satu fitur di cisco IOS yang digunakan untuk mengukur performa jaringan. Ada juga Network Monitoring System (NMS) yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kualitas SLA dari bandwidth yang digunakan.

Mengapa SLA dibutuhkan?

Dari sisi penyedia layanan, SLA dibutuhkan sebagai jaminan atas service kepada klien sehingga klien puas dengan pelayanan yang diberikan. Dari sisi klien juga sangat membutuhkan SLA agar terjaminnya aspek ketersediaan, informasi seperti availability, accurate, dan update. Apalagi kalau klien nya adalah bank, otomatis layanan internet nya harus 24 jam.

Bagaimana cara perhitungan SLA?

Biasanya calculation SLA menggunakan satuan menit. Selama 30 hari ada 43200 menit. Example SLA nya 99% maka bisa dihitung menggunakan calculator bahwa jaminan uptime nya sebesar 42768. Jadi jika ingin mengklaim ganti rugi downtimenya harus setelah melewati waktu 432 menit.

Apa Tujuan dari SLA?

SLA memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah

  1. Pematuhan persyaratan kontrak
  2. Peningkatan kepuasan dan kepercayaan pengguna
  3. Mengawasi kinerja
  4. Identifikasi peluang perbaikan
  5. Menetapkan harapan pengguna
  6. Perbaikan sistem
  7. Pihak non-performing dapat dikenakan sanksi
  8. Memenuhi internal/ eksternal auditor/ konsultan.
  9. Analysis data operasional untuk inisiatif tindakan preventif
  10. Peningkatan visibilitas IT

Persiapan SLA

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar SLA dapat berjalan sesuai dengan level yang disepakati, diantaranya yaitu:

  1. Exception reports adalah laporan tentang semua hal yang tidak berfungsi dengan baik/ rusak
  2. System application logs adalah log dari system/ aplikasi untuk mengidentifikasi masalah yang ada
  3. Operator problem reports adalah laporan yang dipakai oleh operator untuk masuk kedalam perangkat yang bermasalah kemudian mencari solusinya.
  4. Operator work schedules adalah laporan kerja yang di maintenance oleh grup operator.

Info Training

Oleh karena itu, Edutech Solution sebagai perusahaan training center di Bandung mengadakan Training SLA HTS.

Apabila ingin mengetahui info courses, training atau pelatihan kami lebih lanjut, silahkan hubungi kontak di bawah ini

WA/ Call : 0819-0666-7944

Email : info@edutechsolution.co.id

Website : www.edutechsolution.co.id

Referensi :

  1. https://servernesia.com/1460/apa-itu-sla/
  2. http://shiftindonesia.com/memahami-sla-untuk-mengelola-harapan-pelanggan/
  3. http://riansetyawan72.blogspot.com/2017/06/service-level-agreement-sla-tujuan.html
  4. https://edysusanto.com/service-level-agreement/
  5. https://ofiskita.com/articles/detail/sempurnakan-bisnis-anda-dengan-microsoft-azure
  6. https://ap1.co.id/id/information/news/detail/tingkatkan-efektivitas-dan-efisiensi-operasional-serta-layanan-angkasa-pura-airports-resmikan-airport-operation-control-center-aocc-pertama-di-indonesia
  7. https://bambangsuhartono.wordpress.com/2013/07/26/pengertian-dan-cara-perhitungan-sla-service-level-agreement/
  8. https://windaprofile.wordpress.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *