Kupas Tuntas Komunikasi Kepemimpinan | Training Leadership Communication Halo tech lovers…. Kembali lagi di articles Edutech Solution,,, Kali ini kami akan membahas tentang komunikasi kepemimpinan. Semoga bermanfaat ya 😊 Apa Itu Komunikasi Kepemimpinan? Komunikasi kepemimpinan adalah proses penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, ataupun gagasan antara pemimpin dan bawahan. Fungsi komunikasi dari kepemimpinan adalah untuk pembentukan komitmen kerja karyawan agar tidak ada hambatan. Selain itu, Komunikasi yang baik juga salah satu bentuk yang dapat mempengaruhi motivasi kerja pegawai. Gaya Kepemimpinan Salah satu unsur komunikasi kepemimpinan yang penting yaitu jenis gaya kepemimpinan. Dari beberapa pendapat menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi, mengarahkan, dan mengendalikan perilaku orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Jenis gaya komunikasi kepemimpinan menurut teori likert ada 4, yaitu: 1. Gaya mutlak/ authoritarian : bersifat otoriter, enggan memberikan kepercayaan pada bawahannya. 2. Gaya semi mutlak/ benevolent authoritative : bersifat otoriter namun sudah mulai terbuka dan memberikan kepercayaan pada bawahannya. 3. Gaya penasihat/ consultative : lebih bersifat terbuka dan memberikan kepercayaan lebih kepada bawahannya. Komunikasi yang terjadi pun sering dua arah/ komunikasi interpersonal. 4. Gaya partisipatif : memberikan kepercayaan pada bawahannya untuk mengambil keputusan dan Komunikasi yang terjadi pun lebih cair. Peran komunikasi dalam kepemimpinan yang berkualitas Teknik komunikasi bagi pemimpin memang sangat berperan penting, terutama interpersonal skill kepemimpinan. Dalam hal ini, model komunikasi antar pribadi (interpersonal ) bisa diterapkan agar komunikasi pemimpin lebih efektif untuk membentuk sikap, perilaku atau pendapat. Selain itu, etika sebagai seorang pemimpin juga harus memberikan contoh yang baik agar kepemimpinan lebih berkualitas. Cara komunikasi kepemimpinan Berikut 5 tips strategi komunikasi seorang pemimpin agar komunikasi kepemimpinan efektif 1. Mengetahui siapa lawan bicara nya kemudian menyesuaikan komunikasi yang akan disampaikan sesuai dengan porsinya. 2. Memahami body language agar dapat mengurangi konflik. Karena dengan begitu, pemimpin bisa langsung ganti topik jika body language lawan bicaranya terlihat tidak suka dengan topik yang sedang dibicarakan. 3. Pemimpin yang baik maka akan membahas secara individual suatu permasalahan. 4. Mengakui kesalahannya tanpa mencari kambing hitam 5. Pemimpin juga siap mendengar kritik dan saran. komunikasi kepemimpinan dalam perspektif islam komunikasi dalam kepemimpinan memang menjadi inti dalam sebuah hubungan kelompok, baik itu dalam negara, organisasi ataupun dalam bisnis. Konsep komunikasi kepemimpinan dalam islam berdasarkan dengan tiga hal, yaitu musyawarah, keadilan dan kebebasan berfikir. Belajar komunikasi Kepemimpinan zaman sekarang sangatlah dianjurkan baik melalui buku komunikasi kepemimpinan atau mengikuti pelatihan seperti leadership communication course. Oleh karena itu, Edutech Solution sebagai salah satu perusahaan training mengadakan training leadership communication dengan module yang lengkap di seluruh Indonesia. Info Training Ingin mengetahui info lebih lengkap tentang courses, training atau pelatihan kami? silahkan hubungi kontak di bawah ini : WA/ Call : 0819-0666-7944 Email : info@edutechsolution.co.id Website : www.edutechsolution.co.id

Halo tech lovers….

Kembali lagi di articles Edutech Solution,,, Kali ini kami akan membahas tentang komunikasi kepemimpinan. Semoga bermanfaat ya 😊

Apa Itu Komunikasi Kepemimpinan?

Komunikasi kepemimpinan adalah proses penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, ataupun gagasan antara pemimpin dan bawahan. Fungsi komunikasi dari kepemimpinan adalah untuk pembentukan komitmen kerja karyawan agar tidak ada hambatan. Selain itu, Komunikasi yang baik juga salah satu bentuk yang dapat mempengaruhi motivasi kerja pegawai.

Gaya Kepemimpinan

Salah satu unsur komunikasi kepemimpinan  yang penting yaitu jenis gaya kepemimpinan. Dari beberapa pendapat menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi, mengarahkan, dan mengendalikan perilaku orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Jenis gaya komunikasi kepemimpinan menurut teori likert ada 4, yaitu:

  1. Gaya mutlak/ authoritarian : bersifat otoriter, enggan memberikan kepercayaan pada bawahannya.
  2. Gaya semi mutlak/ benevolent authoritative : bersifat otoriter namun sudah mulai terbuka dan memberikan kepercayaan pada bawahannya.
  3. Gaya penasihat/ consultative : lebih bersifat terbuka dan memberikan kepercayaan lebih kepada bawahannya. Komunikasi yang terjadi pun sering dua arah/ komunikasi interpersonal.
  4. Gaya partisipatif : memberikan kepercayaan pada bawahannya untuk mengambil keputusan dan Komunikasi yang terjadi pun lebih cair.

Peran komunikasi dalam kepemimpinan yang berkualitas

Teknik komunikasi bagi pemimpin memang sangat berperan penting, terutama interpersonal skill kepemimpinan. Dalam hal ini, model komunikasi antar pribadi (interpersonal ) bisa diterapkan agar komunikasi pemimpin lebih efektif untuk membentuk sikap, perilaku atau pendapat. Selain itu, etika sebagai seorang pemimpin juga harus memberikan contoh yang baik agar kepemimpinan lebih berkualitas.

Cara komunikasi kepemimpinan

Berikut 5 tips strategi komunikasi seorang pemimpin agar komunikasi kepemimpinan efektif

  1. Mengetahui siapa lawan bicara nya kemudian menyesuaikan komunikasi yang akan disampaikan sesuai dengan porsinya.
  2. Memahami body language agar dapat mengurangi konflik. Karena dengan begitu, pemimpin bisa langsung ganti topik jika body language lawan bicaranya terlihat tidak suka dengan topik yang sedang dibicarakan.
  3. Pemimpin yang baik maka akan membahas secara individual suatu permasalahan.
  4. Mengakui kesalahannya tanpa mencari kambing hitam
  5. Pemimpin juga siap mendengar kritik dan saran.

komunikasi kepemimpinan dalam perspektif islam

komunikasi dalam kepemimpinan memang menjadi inti dalam sebuah hubungan kelompok, baik itu dalam negara, organisasi ataupun dalam bisnis. Konsep komunikasi kepemimpinan dalam islam berdasarkan dengan tiga hal, yaitu musyawarah, keadilan dan kebebasan berfikir.

Belajar komunikasi Kepemimpinan zaman sekarang sangatlah dianjurkan baik melalui buku komunikasi kepemimpinan atau mengikuti pelatihan seperti leadership communication course. Oleh karena itu, Edutech Solution sebagai salah satu perusahaan training mengadakan training leadership communication dengan module yang lengkap di seluruh Indonesia.

Info Training

Ingin mengetahui info lebih lengkap tentang courses, training atau pelatihan kami?

silahkan hubungi kontak di bawah ini :

WA/ Call : 0819-0666-7944

Email : info@edutechsolution.co.id

Website : www.edutechsolution.co.id

Referensi:

  1. http://digilib.unila.ac.id/15583/14/BAB%20II.pdf
  2. https://toffeedev.com/5-cara-komunikasi-rahasia-dari-pemimpin-yang-baik/
  3. http://digilib.unila.ac.id/26010/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
  4. https://berkarya.um.ac.id/pemimpinan-dan-kepemimpinan-menurut-islam/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *